Minggu, 05 April 2020

Bagaimana membuat latar belakang Gelap?



Setelah melihat foto bunga yang saya posting di Facebook dan Instagram, seorang teman bertanya di akun IG saya, "Bagaimana membuat latar belakang hitam?" Saya lalu membalasnya, "Karena jawabannya cukup panjang saya akan menulisnya di blog saya yang khusus membahas fotografi. Nah sekarang inilah jawaban saya atas pertanyaan itu.

Saya sebenarnya tidak mengedit secara ekstrim foto bunga yang saya posting itu, saya hanya mengedit kecerahan dan kontras serta mengkroping seukuran dalam kotak garis hijau foto tersebut di Photoshop. Seperti terlihat pada foto aslinya di bawah ini.



Dalam proses mengedit foto ini, hal pertama yang saya lakukan adalah mengklik menu Image lalu menggeser mouse ke Adjustments yang kemudian membuka baris menu  Brightness/Contrast seperti terlihat pada gambar dibawah ini



Dengan mengklik menu Brightness/Contrast di layar sekarang muncul kotak dialog  Brightness/Contrast



Selanjutnya saya lalu menggeser tombol Contrast yang berbentuk segitiga kecil ke arah kanan, saat kita menggeser tombol tersebut kita juga bisa melihat kotak kecil berisi angka juga ikut berubah. Angka ini menunjukkan berapa persen nilai kontras yang sedang terpilih. Disamping itu foto yang ada di kotak display juga berubah. Saya lalu berhenti menggeser tombol Contrast pada posisi 45 persen.



Langkah berikutnya adalah mengatur kecerahan foto dengan menggeser tombol Brightness yang ada di sebelah atas tombol Contrast. Saya lalu menggeser tombol Brightness kekiri mengurangi kecerahan pada foto, saya lalu berhenti pada posisi kecerahan minus (-)70 persen. Berkurangnya kecerahan foto ini membuat latar belakang yang tadinya masih memperlihatkan bayangan daun menjadi gelap berikut latar belakangnya menjadi gelap.



Selanjutnya yang saya lakukan adalah menurunkan ukuran file foto tersebut dari ukuran aslinya 4272x2848 pixel atau 4,13 MB menjadi 900x600 pixel atau 513 KB.

Kenapa saya harus menurunkan ukuran filenya? Pertama karena Blog saya hanya bisa mengupload foto maksimal 2 MB, kedua karena dengan kecilnya ukuran file foto, blog akan semakin ringan dan cepat saat dibuka.



Terakhir adalah memotong atau meng-croping foto untuk mendapatkan komposisi yang bagus dan membuang ruangan kosong dan gelap yang terlalu luas. Garis hijau itu memperlihatkan bagian mana saja dari foto tersebut yang terbuang dan mana yang terpakai.



Satu hal lagi bila saya memotret bunga, saya biasa memakai lensa zoom 55-250mm dengan bukaan diafragma penuh untuk mendapatkan ruang tajam yang sempit, sehingga latar belakangnya jadi kabur karena berada di luar titik fokus. Kecuali kalau saya memakai handphone. Begitu juga saya berusaha mencari latar belakang yang gelap atau berwarna tua. Sehingga saat diedit lebih mudah membuat latar belakangnya jadi gelap.

Semoga bermanfaat










2 komentar:

  1. Oooh, begitu caranya ya, Pak Dian? Jadi tahu deh aku :) Adjusment dulu ya trus diarahkan ke angka tertentu. Iya sih kduud diperkecil ukuran fotonya supaya jadi ringan di blog. Makasih sharing-nya :D

    BalasHapus
  2. Terimakasih sharing infonya, kita jadi pada paham tehniknya.

    BalasHapus