Minggu, 09 Februari 2020

Tampilkan Foto Anda Lebih Kontras




Pada artikel sebelumnya kita telah menampilkan bagaimana menambah cahaya sebuah foto agar lebih terang dari foto aslinya.

Sekarang kita akan melanjutkannya dengan bagaimana cara membuat foto tersebut lebih terlihat kontras warnanya, tidak hanya sekadar terang.

Kita tampilkan dulu foto dari artikel sebelumnya. Foto yang sudah terang dibandingkan dengan foto aslinya.

Terlihat pada foto di bawah ini cahaya yang jatuh merata ke seluruh subyek foto. Warna foto terlihat datar, kontras warna dan gelap terangnya tidak begitu kentara.

Sekarang kita akan mengolah atau mengedit lagi foto yang ada di bawah ini, agar kontras warna maupun gelap terangnya bisa lebih terlihat.



Hal pertama yang kita lakukan setelah foto tampil di layar monitor Anda adalah dengan mengklik Menu Image > Adjustments > Brightness/Contrast, seperti terlihat pada foto di bawah ini.



Setelah mengklik Brightness/Contrast, maka di layar akan terlihat tampilan kotak dialog berupa tombol geser Contrast yang berada dalam kotak merah, seperti foto di bawah ini.

Untuk menaikkan kontras foto Anda, silakan geser tombol kecil yang berada di tengah kotak merah ke kanan, hingga didapatkan kontras warna yang sesuai dengan keinginan Anda


Hasil dari editan dengan penambahan kontras pada foto Anda terlihat pada foto pertama di atas. Bandingkan dengan foto sebelumnya yang ada pada foto ke 2 yang berada di bawahnya

Bagaimana proses yang kita lakukan tersebut terlihat dari foto di bawah ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar