Senin, 03 Februari 2020

Editlah Foto Anda, Jangan Biarkan Tampil Apa Adanya




Sosial media mengajak kita untuk selalu kreatif. Sayangnya kreatifitas itu sering terhalang oleh kurang dikuasainya peralatan yang dibutuhkan, baik itu berupa hardware atau software. Hardware bisa berupa kamera, handphone, laptop atau komputer. Sementara software bisa berupa aplikasi pengolah kata, foto dan sebagainya.

Sebagai artikel pembuka, saya akan mencoba membagikan kepada teman-teman pengalaman saya mengedit foto. Saya tidak mengajar, karena saya bukan guru atau seorang pakar. Ilmu saya juga masih sangat terbatas, masih banyak yang belum saya kuasai. Apalagi tehnologi terus berkembang setiap saat, yang membuat kita selalu tertinggal. Saya hanya berbagi pengalaman apa yang pernah saya pelajari secara otodidak.

Sebagai langkah awal, saya mengajak Anda bermain dengan aplikasi pengolah foto terkenal, yaitu Photoshop. Sebuah aplikasi untuk mengedit foto dengan fasilitas dan kemampuan yang lengkap. Hanya imajinasi maupun kreatifitas Andalah batasannya.

Artikel ini akan menjadi artikel yang sangat panjang untuk harus dituntaskan dalam satu kali tayang. Karena itu kita akan melakukan praktek bagaimana mengedit foto selangkah demi selangkah, agar Anda lebih mudah menguasai proses pengeditan foto hasil karya Anda dengan aplikasi Photoshop tersebut.
Workspace atau ruang kerja Photoshop CC

Workspace atau ruang kerja Photoshop CS 3

Pusing melihat tampilan foto nomor 1 dan 2 ruang kerja Photoshop yang bagian atasnya penuh menu dan di samping kiri juga berderet berbagai macam tools atau perkakas ini? Tenang saja, saya saat pertama melihatnya juga begitu kok. Tapi yakin deh, semakin sering Anda membukanya, akan semakin familiar juga Anda dengannya, dan Andapun akan semakin mahir memakai dan memanfaatkan menu atau perkakas yang tersedia di sana untuk mengolah foto-foto Anda, agar semakin indah dilihat dan semakin enak dinikmati.


Untuk memulai bekerja di photoshop langkah yang akan kita lakukan adalah membuat sebuah jendela baru, atau dengan membuka sebuah file atau foto yang sudah ada di Folder tempat penyimpanan yang bisa berupa harddisk, flashdisk, kartu memori, keping compact disk atau CD.

Ruang kerja Photoshop yang sudah berisi sebuah window atau jendela

Sebuah jendela dalam posisi mengambang di ruang kerja Photoshop

Tampilan jendela ini bisa diam atau statis di tengah ruang kerja seperti pada foto nomor 3, bisa juga dibuat dinamis, mengambang, sehingga mudah digeser kemana-mana seperti terlihat pada foto nomor 4 ruang kerja Photoshop di atas.

Untuk memudahkan dan mempercepat proses editing foto Anda, maka saya akan lebih banyak mengajak Anda bekerja dengan jalan pintas atau shortcut dengan keyboard, yang dikombinasikan dengan klik serta  pergerakan mouse.

Ada dua cara untuk membuka foto di Photoshop. Pertama dengan membuka foto dengan shortcut Ctrl+O di keyboard lalu memilih foto di folder tempat foto berada, lalu menekan Enter di keyboard atau dengan menekan tombol kiri mouse secara cepat dua kali di foto yang akan dibuka,  yang sering dikatakan dengan istilah double click.

Cara kedua yang paling sering saya lakukan adalah mengklik foto yang ada di folder, lalu menyeret dan meletakkannya di ruang kerja Photoshop seperti terlihat pada foto 5 di bawah. Yang manapun yang Anda lakukan, hasilnya tetap sama. Pengalaman nanti yang akan memperlihatkan cara mana yang paling Anda sukai.

Klik foto yang ada di folder lalu seret ke ruang kerja Photoshop


Praktek pertama kita saat ini adalah, bagaimana mengedit foto yang kurang pencahayaan dan terlihat gelap seperti foto nomor 6 dibawah, agar bisa terlihat lebih terang.

Setelah foto berada di ruang kerja, saatnya sekarang untuk mengeditnya.
Setelah foto yang akan di edit berada di ruang kerja, kita akan mengeditnya dengan Curves. Silakan buka kotak dialog Curves dengan Ctrl+m, sehingga akan tampil seperti foto 7 dibawah.

Kotak dialog Curves

Pada kotak dialog Curves kita melihat sebuah garis diagonal antara sudut kiri bawah dan sudut kanan atas. Untuk mengubah terang gelapnya foto Anda, silakan klik garis tersebut dengan mouse lalu geser ke kiri atas atau ke kanan bawah, Anda akan melihat terjadinya perubahan terang gelapnya foto yang ada di jendela ruang kerja seperti terlihat pada foto 8 di bawah.

Perubahan terang gelap foto Anda terlihat saat Anda menggeser garis diagonal dengan mouse.


Terlihat jelas pada foto 8 di atas perubahan yang terjadi pada foto Anda yang berada di jendela ruang kerja, foto yang tadinya gelap, sekarang sudah terlihat terang. Lebih jelasnya terlihat pada foto 9 di bawah.


Demikian dulu ulasan kita saat ini, untuk mendapatkan hasil yang berbeda Anda bisa melakukan hal yang sama dengan foto-foto yang lain, Tiada batasan untuk berkreasi, karena batasannya adalah kreatifitas Anda sendiri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar