Rabu, 08 Juni 2016

Pengetahuan Fotografi Untuk Pemula

Mengenal Kamera
Pada saat ini banyak bentuk serta model kamera yang dapat kita temui di pasaran atau di toko-toko yang menjual peralatan fotografi.
Kalau pada kamera konvensional kita hanya mengenal film sebagai media penyimpan data yang berbentuk gambar itu. Maka kini dengan berkembangnya tehnologi fotografi, kita akan menemukan kamera dengan media penyimpan data dalam bentuk digital pada kartu memory. Kamera dengan kemampuan penyimpanan data elektronik ini di pasaran sebut sebagai Kamera Digital.
Perkembangan Kamera Digital ini, saat ini pesat sekali. Sehingga kamera konvensional pelan namun pasti, kini mulai di tinggalkan.
Secara umum, bentuk serta model kamera tersebut dapat kita golongkan sebagai berikut:
Pertama, kamera kompak (compact camera) dengan jendela bidik. Kamera ini terdiri dari tiga macam model. Sederhana, lengkap dan Auto Focus. (Gambar 1).

Kamera Kompak yang telah memakai system lensa otofokus
 

Kedua, kamera Refleksi Lensa Tunggal (RLT) atau Single Lens Reflex (SLR) dengan format film 135. Kamera ini lensanya dapat dilepas tukar dengan berbagai macam lensa, mata ikan, sudut lebar dan lensa jarak jauh. (Gambar 2 & 2a).

Gbr. 2. Kamera RLT/SLR 35 konvensional dengan lensa standar, memakai film type 135 sebagai media penyimpanan gambar
 


Gambar 2a. Kamera RLT/SLR format 35 Digital, dengan lensa yang sudah memakai system otofokus
 

Ketiga, kamera RLT format medium, dimana type filmnya yaitu 120. Kamera ini umumnya dipakai untuk studio atau oleh para fotografer profesional untuk pemotretan model atau untuk iklan. Lensanya juga bisa dilepas tukar (Gambar 3)

Gbr. 3. Kamera format medium dengan film type 120, untuk pemotretan model atau iklan
 

Satu lagi kamera yang muncul sejak datangnya era telepon bergerak, adalah kamera pada Telepon Genggam. Tapi karena kamera yang terdapat pada peralatan komunikasi ini, sifatnya hanya pelengkap dan systemnya sederhana tak dapat dirobah, juga karena lensanya yang fokus mati. Maka saya tidak akan mengulasnya lebih jauh. (Gbr. 4)

Gbr. 4 Telepon genggam berkamera, system sederhana dengan lensa fokus mati
 

Selanjutnya pada tulisan berikutnya, kita hanya akan membicarakan kamera kompak dan kamera RLT. Sebab mayoritas dari kamera yang beredar di pasaran adalah kamera model ini.

Artikel ini pernah saya posting di Kompasiana.com/diankelana dan diankelana.web.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar